BINTANG MOTOR...........kami melayani jasa variasi, servis, modifikasi dan juga menyediakan suku cadang..................disini terdapat beberapa pengetahuan mengenai sepeda motor dan kelengkapan serta perawatan silahkan dibaca untuk pengetahuan anda...................... Atas kunjungan Anda kami ucapkan terimakasih.

Minggu, Maret 16, 2008

CARA MUDAH merawat MOTOR anda


Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! apalagi bagi yang mau mudik naik motor. Jangan buru-buru menyalahkan motor Anda, bisa jadi Andalah yang kurang merawat motor. So tak ada salahnya mengintip tips merawat motor berikut!

Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Cek Kondisi Aki

Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Jangan biarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Jika memang motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin

Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.

Periksa tekanan angin ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.

8 komentar:

emmy mengatakan...

tipsnya oke, tapi gimana yach biar kta gak malaz utk merawat motor???

Tukang download mengatakan...

ga punya motor :(

tambal ban MENJAWAB mengatakan...

@emmy= biar nda malas...kasi aja ke bengkel kan dah banyak bengkel sekarang...hehe

@tukang dwlod = biar nda punya motor tp hrs ngerti motor nda ada salah nya kan hehe..... makasih ya

ANTOWN mengatakan...

thx udah mampir lagi ke blog saya. pak tani itu benar2 dibuthkan untuk masa depan kayaknya.

Btw numpang pasang info ya mas;

OOT:
Bagaimanakah peran blogger dalam mengisi kemerdekaan RI??

ikuti kontes #4 di blog saya. Siapapun boleh ikutan, gratisss…

dee mengatakan...

sy ga punya motor dan ga bs naik motor.. infonya lbh cocok buat ade sy.. nnt sy suruh dia baca blogmu ya..

EbleH 182 mengatakan...

Merawat motor ya mas?? infonya bagus.. Boleh tanya nggak, kalo cara merawat becak gimana?? :) Jembu merah di dinding.Jangan marah just kidding.

tambal BAN menjawab mengatakan...

@ antown = ok mas...makasih ya..
@ dee = makasih mba..biar nda punya kan harus ngerti dikit2 hehe
@ ebleh = kulit duren kulit pisang... jangan dibuang sembarangan yah ntar ke injak hahaha

Septian mengatakan...

Wah inponya bagus, ga usah beli majalah motor lg deh. Hehehe. Linknya nanti tak pasang di blog ku ah. Kamu TIDAK HARUS pasang link ku.